Diberdayakan oleh Blogger.

Makanan yang Harus dihindari Bagi Penderita Hipertensi (Darah Tinggi)

|| || || 2 komentar
http://hendryramadhani.blogspot.com/2013/07/Makanan-yang-harus-dihindari-bagi-penderita-hipertensi.html
Hallo Sahabat Netter... udah lama nih Ramadhani Blog gak posting artikel karena kegiatan yang padat jadi gak sempat lagi untuk posting artikel. Pada kesempatan kali ini Ramadhani Blog ingin posting artikel tentang kesehatan, berhubung ane seorang perawat (oopsss,bukan,,,maksud ane calon perawat,he) jadi alangkah baiknya kalau ilmu yang dipelajari di bangku kuliah dapat bermanfaat bagi sahabat netter...Aamiin...

Posting kali ini mengenai Makanan yang Harus di Hindari Bagi Penderita Hipertensi (Darah Tinggi), artikel ini terinspirasi dari materi kuliah yang di peroleh di kampus dan juga di dapat dari berbagai sumber di internet.

Penyakit Hipertensi atau biasa disebut darah tinggi adalah jenis penyakit yang sekarang ini banyak diderita oleh masyarkat modern. Penyebab utama dari penyakit hipertensi adalah pola hidup dan pola makan yang tidak sehat.

Hipertensi atau tekanan darah tinggi disebabkan adanya kenaikan tekanan sistolik karena pembuluh darah tidak elastis disertai kenaikan tekanan diastolik akibat adanya penyempitan di pembuluh darah. Penyakit ini memberikan efek jangka panjang dan mempercepat terjadinya penumpukan lemak di dalam pembuluh darah.

Untuk penderita hipertensi perlu membatasi makanan yang mengandung sodium (Na) yang banyak terdapat pada garam.

Berikut adalah makanan yang harus dihindari bagi penderita hipertensi  seperti dikutip dari healthcentral :
  1. Acar, memang rendah kalori yang baik untuk tubuh, tetapi memiliki kandungan sodium yang tinggi, 1 buah acar mentimun bisa mengandung 570 mg sodium. Hal itu setara dengan sepertiga dari jumlah maksimum sodium perhari (2300 mg).
  2. Kentang goreng, meski beberapa restoran menggoreng dengan minyak yang bebas lemak trans, kandungan lemak dan sodiumnya masih tinggi. Penyajian kentang goreng ukuran sedang mengandung 270 mg sodium dan 19 gram lemak.
  3. Daging asap, tiga potong daging asap mengandung 270 mg sodium dan 4.5 gram lemak Daging burung bisa menjadi alternatif ketimbang daging asap. 
  4. Susu, merupakan sumber kalsium, tetapi tinggi lemak. Dalam segelas susu terkandung 8 gram lemak dan 5 gram lemak jenuh. Lemak jenuh tak baik bagi pengidap liver dan berbahaya bagi orang yang memiliki tekanan darah tinggi. 
  5. Donat, cukup sebuah donat sudah bisa menghasilkan 200 kalori dengan 12 gram lemak. 
  6. Mie instan. Mudah untuk membuatnya dan rasanya nikmat. Tetapi sebungkus mie instan mengandung 14 gram lemak dan 1,580 sodium. 
  7. Margarin tak sepenuhnya jahat. Bagi orang dengan tekanan darah tinggi, mereka harus memastikan bahwa margarin tak mengandung lemak jenuh, bacalah kemasannya guna memastikannya. 
  8. Gula, yang berarti disini adalah makanan dengan kalori ekstra  dan gula. contohnya adalah cookies dan coklat batangan. keduanya dapat menyebabkan obesitas. Makanan-makanan ini bisa berpotensi mengidap tekanan darah tinggi. Kelebihan berat badan membuat banyak sumbatan di jantung dan memperlambat kerja darah. 
  9. Alkohol, mengkonsumsi alkohol dapat meningkatkan tekanan darah tinggi, alkohol juga merusak dinding pembuluh darah. 
  10. Daging merah, komposisi dari sebuah diet yang menyehatkan harus menyertakan lemak jenuh yang rendah. Bagi orang dengan tekanan darah tinggi hindari daging merah.
Masih banyak lagi makanan-makanan yang harus dihindari bagi penderita hipertensi atau darah tinggi.
Adapun makanan yang harus dikurangi tanpa menghilangkannya sama sekali adalah
  1. Jenis-jenis makanan kaleng ataupun makanan yang telah melalui proses pembuatan dengan menggunakan garam dengan kadar tinggi. 
  2. Minuman yang mengandung alkohol. 
  3. Makanan berlemak. 
  4. Jenis ikan yang banyak mengandung asam lemak seperti ikan salmon, makerel, dan juga sarden.
Sesungguhnya, tekanan darah tinggi sangat erat kaitannya dengan jenis makanan dan minuman yang dikonsumsi oleh seseorang. Faktor makanan memiliki peranan yang sangat signifikan dalam memperparah maupun mengurangi tekanan darah tinggi.

Oleh sebab itu, Anda harus memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi setiap hari.

Terima Kasih
Semoga Bermanfaat
/[ 2 komentar Untuk Artikel Makanan yang Harus dihindari Bagi Penderita Hipertensi (Darah Tinggi)]\

Posting Komentar

Komentar anda adalah motivasi bagi saya untuk kemajuan blog ini